Berita

PENDATAAN KIOS ILEGAL DI KAWASAN WISATA PARANGTRITIS

Jumat Kliwon, 14 Juli 2017 09:32 WIB 410

foto

Rabu tanggal 12 Juli 2017 Satpol PP Kab. Bantul melaksanakan pendataan kios ilegal di kawasan wisata Parangtritis Kretek Bantul, dengan di pimpin langsung Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kab. Bantul Anton Vektori, S.STP, M.Eng dan di ikuti 8 personil Satpol PP.

Kegiatan pendataan ini dilakukan karena maraknya pembangunan kios ilegal yang dilakukan oleh warga di wilayah wisata Parangtritis. Pembangunan kios ini berlokasi di sebelah utara jalan utama sepanjang Pantai Parangtritis yang merupakan daerah bebas bangunan atau merupakan lokasi yang diperuntukan sebagai taman dan daerah terbuka. Pemrakarsa dan penanggung jawab pembangunan kios ini adalah RT 01 dan RT 05 Dusun Mancingan Parangtritis.

Setelah dilakukan cek lokasi dan pendataan terdapat kurang lebih 170 buah kios dengan ukuran kios rata rata 3 x 4 meter dengan pemilik seluruhnya merupakan warga Mancingan Parangtritis.

Sebelum kegiatan ini dilakukan lebih dahulu diadakan rapat koordinasi antara Satpol PP Kab. Bantul dengan Instansi terkait untuk membahas masalah pembangunan kios di wilayah Pantai Parangtritis tersebut, dengan hasil rapat koordinasi antara lain adalah pendirian kios tersebut tanpa adanya pemberitahuan kepada Instansi terkait yaitu Dinas Pariwisata Kab. Bantul dan wilayah tersebut merupakan bukan wilayah peruntukan bagi bangunan.

Hasil dari pendataan ini akan dijadikan bahan kawuningan Bupati Bantul sekaligus dasar pemberian sosialisasi serta surat peringatan oleh Satpol PP Kab. Bantul bersama dengan Instansi terkait guna penertibkan kios yang berada di wilayah wisata Pantai Parangtritis tersebut.