Pengembangan Kapasitas Anggota Satpol PP Kabupaten Bantul

Pengembangan kapasitas pegawai merupakan suatu hal yang wajib dilakukan agar organisasi dapat berkembang dan mampu beradaptasi, melakukan regenerasi terhadap perubahan yang mungkin akan terjadi. Tentu dengan adanya pengembangan kapasitas pegawai mampu berdampak baik terhadap kualitas pelayanan pegawai.

Bertolak dari gagasan tersebut maka Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bantul menyelenggarakan Kegiatan Pengembangan Kemampuan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bantul.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 22 Juni 2022 ini dihadiri anggota satpol PP sebanyak 85 anggota. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketrentaman Masyarakat Kitri Suwondo S.IP.,M.Si menghadirkan narasumber Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bantul Yulius Suharta S.Sos.,M.Si

“Kegiatan Pengembangan Kemampuan bagi Anggota Satpol PP  Kabupaten Bantul ini sebagai bentuk upaya peningkatan kapasitas anggota Satpol PP Kabupaten Bantul agar tetap maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” ujar Kitri Suwondo S.IP.,M.Si saat membuka acara tersebut.

Pada kesempatan kali ini Yulius Suharta menyampaikan perlunya komitmen keyakinan bersama untuk berkontribusi secara maksimal di organisasi Satpol PP Bantul.

“Kegiatan ini sebagai bentuk agar terciptanya kelembagaan yang sesuai dengan tugas pokok fungsi yakni sebagai penegakan perda, perlindungan masyarakat dan ketentraman ketertiban umum serta  mewujudkan anggota yang professional dan berkualitas dengan ditunjang sarana dan prasarana yang berkualitas”. Tutur Yulius Suharta S.Sos.,M.Si pada saat memberikan materi.

Perlunya penilaian persemester bagi anggota Satpol PP memungkinkan adanya rotasi atau evaluasi anggota sebagai bentuk peningkatan kapasitas anggota.

Selain itu,menurunnya kasus covid-19 diharapkan mampu memaksimalkan ketugasan Satpol PP.

Dengan dinamika yang berkembang dimasyarakat khususnya dengan adanya media sosial Yulius Suharta menekankan untuk mengutamakan sikap humanis dalam menghadapi masyarakat serta bijak menyikapi gesekan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan di lapangan.

Digo (29 th) sebagai salah satu peserta Pengembangan Anggota Satpol PP mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dilaksanakan secara berkala. “ Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anggota, selain dapat mengakrabkan juga dapat menambah wawasan bagi para anggota. Harapannya kedepan juga dapat mengundang narasumber dari pihak luar seperti Bupati atau Satpol PP DIY” ujar Digo sesaat setelah selesai acara. (rpw)